LENSAINDONESIA.COM: Dampak pandemi COVID-19 dan pemberlakuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terhadap sektor ekonomi menjadi tantangan tersendiri bagi AQUA Japan untuk tetap mendapat kepercayaan dari konsumen.

Sebagai produsen barang elektronik rumah tangga, AQUA Japan menjawab tantangan tersebut dengan terus mengoptimalkan marketing online, supaya inovasi produknya yang baru diluncurkan tetap diketahui dan dibeli masyarakat.

Presiden Direktur AQUA Japan Indonesia Kenji Sadayuki mengatakan, inovasi merupakan kunci agar bisa terus dipercaya konsumen di tengah masa pandemi COVID-19.

“Saat ini Indonesia tengah berada pada pembatasan kegiatan masyarakat, sehingga berdampak kepada ekonomi, termasuk industri elektronik. Hal tersebut adalah tantangan bagi kami, namun AQUA Japan tidak akan berhenti untuk terus berinovasi. Produk-produk kami pun terus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, salah satunya kebutuhan akan produk dan fitur yang berfokus pada kesehatan. Komitmen kami ialah terus berinovasi dalam mendukung kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa seluruh konsumen,” ujar Kenji dalam acara Media Kick-off AQUA Japan yang digelar secara virtual dari Jakarta, Rabu (08/09/2021).

Membahas inovasi produk yang mengusung tema kampanye “Home of Healthy Body, Mind and Soul” ini, Meiriano Ullman selaku Head of Product Planning AQUA Japan menyampaikan, selama tahun 2021 ini pihaknya telah menyiapkan berbagai puluhan produk sebagai bentuk komitmen dalam menjawab kebutuhan konsumen.

“Selama 2021 kami rencananya akan meluncurkan total 43 SKU produk mulai dari lemari es, mesin cuci, Air Conditioner (AC), TV, chest freezer hingga showcase cooler. Produk-produk terbaru ini  kaya akan inovasi dan yang terpenting memberikan fitur dan fungsi yang berkaitan dengan kesehatan, sebagai salah satu faktor utama saat ini di masa pandemi,” jelas Rian.

Beberapa produk unggulan yang diluncurkan dan sarat dengan inovasi antara lain kulkas side by side AQR-605IG(GB), mesin cuci FQD-1050BF, AC AQA-KCRV10WP,  Smart Android TV LE55AQT7000QU, freezer AQF 450EC dan showcase AQB-340AB.

Sementara untuk kaitannya dengan sales dan service, AQUA Japan akan terus berusaha meningkatkan pertumbuhan penjualan dari seluruh jenis saluran distribusi yang ada saat ini, dan memberikan layanan perpanjangan garansi bagi produknya.

“Jaringan distribusi penjualan kami saat ini sangat luas, dimana produk-produk AQUA Japan saat ini ada di lebih dari 85% market network di Indonesia. Luasnya jaringan distribusi penjualan ini juga merupakan salah satu cara agar AQUA Japan semakin dekat dengan konsumen,” ujar Yudistiro selaku General Manager Sales AQUA Japan.

Pada tahun 2021 ini Yudistiro menambahkan, pihaknya akan berfokus pada area penjualan antara lain mempertahankan dan memperkuat pertumbuhan di  area Jabodetabek dan Jawa, melakukan percepatan pertumbuhan di area Sumatera dan Sulawesi, serta meningkatkan ekspansi di wilayah Kalimantan.

Di tahun 2021 ini AQUA Japan pun meluncurkan program New Warranty Period dimana produknya akan mengalami perpanjangan masa garansi, bahkan ada yang mempunyai masa garansi seumur hidup, sehingga konsumen merasa tenang dalam menggunakan produk eletronik rumah tangga dari pabrikan Jepang tersebut.

Terkait strategi pemasaran, Glenn Manengkei selaku Head of Marketing AQUA Japan mengatakan berbagai saluran komunikasi terus diperkuat secara konsisten dan berkesinambungan dalam membantu meningkatkan awareness dan memperkenalkan produknya di masa pandemi COVID-19 dan PPKM.

“Kami melihat bahwa selama masa pandemi khususnya PPKM, orang lebih banyak menghabiskan waktu melakukan aktivitas interaksi dan komunikasi melalui channel digital dan sosial media sehingga AQUA Japan saat ini terus melakukan peningkatan program-program berbasis digital. Berbagai program kami maksimalkan, untuk memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses produk dan informasi terkait AQUA Japan. Seperti halnya melalui program telemarketing, live streaming online marketing, serta melalui berbagai aktivitas digital lainnya,” jelas Glenn.@LI-13