LENSAINDONESIA.COM: Mengantisipasi penyakit jelang musim hujan, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Babat Jerawat melakukan kerja bakti massal, Minggu (12/9/2021) pagi.

TNI-Polri, LPMK Babat jerawat, Satgas PU, Banser Sat Koryon Pakal, dan PSHT hadir di titik Kumpul Masjid At Tauhid Pondok Benowo Indah.

Camat Pakal Tranggono Wahyu Wibowo mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan Perumahan Pondok Benowo Indah (PBI) yang Bersih, Asri dan Aman. Selain itu mengantipasi banjir dan penyakit jelang musim hujan.

“Kurang lebih 150 orang termasuk TNI-Polri, Satgas PU, Banser, PSHT, Dinas Kebersihan serta masyarakat setempat dan Pegawai Kecamatan Pakal,” ujarnya.

Lurah Babat Jerawat Imam Agung menambahkan, melalui kegiatan bersih-bersih pemukiman ini dapat menghindarkan daerah tersebut dari banjir akibat selokan yang tersumbat.

“Semoga kegiatan yang dipelopori tiga pilar ini mampu dan bisa dijadikan contoh masyarakat di wilayah Surabaya barat. Diharapkan warga ebih mengutamakan kebersihan lingkungan,” tambahnya.

Sementara Ketua LPMK Babat Jerawat Surabaya Daswiar Candra mengungkapkan aksi ini merupakan wujud partisipasi warga dalam bela negara.

“Gotong-royong mempercepat penyelesaian pekerjaan bersih lingkungan dan juga mendapatkan pahala, serta kebaikan di lingkungan. Ini adalah salah satu wujud bela negara,” pungkasnya.

Pantauan Lensa Indonesia di lokasi, warga yang mengikuti kerja bakti tampak bersemangat. Mereka membersihkan saluran irigasi (selokan) menggunakan cangkul dan bambu. Sedangkan, untuk membersihkan rumput yang panjang menggunakan alat pemotong rumput. @wendy