LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga (Unair) Khofifah Indar Parawansa melantik pengurus pusat IKA Unair masa bakti 2021-2025 di Aula Garuda Mukti Kampus C Unair, Sabtu (11/09/2021) malam.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah menekankan pentingnya strong partnership dalam konektivitas perguruan tinggi. Agar Dudika atau dunia usaha, industri, dan kerja terkoneksi lebih cepat dan intensif.

“Jejaring dan update dinamika sangat penting. Nanti saya ingin bangun penguatan di sentra-sentra di mana mereka sudah terkoneksi dengan dimensi strategis,” tuturnya.

Khofifah yang juga menjabat sebagai Gubernur Jatim itu akan segera memetakan para alumni agar dapat berkontribusi di bidang industri manufaktur. Misal saja penguatan IKA Unair di Jakarta.

“Saya identifikasi banyak teman Ika Unair di Jakarta tapi kita buruh pemetaan supaya pesan rektor tersampaikan. Industri manufaktur ini sentralnya di Surabaya. banyak yang mulai kontruksi besar-besar. Saya bilang ke rektor kita akan bersambung. Dunia kerja ini bersambung,” tambah mantan menteri sosial tersebut.

Dalam momen itu, Khofifah menyerahkan 1 unit ambulans kepada Rektor Unair Prof Mohammad Nasih.

Senada, Sekjen IKA Unair Indra Nur Fauzi, menambahkan, tugas pengurus pusat nantinya memberikan dukungan dan memetakan dengan usaha swasta dan LSM serta pengembangan usaha mandiri.

“Itu ikhtiar kita. Kita akan intensif dengan kampus dan pihak terkait mana kira-kira alumni bisa support,” kata Indra.

Sementara itu, Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih mengatakan, IKA Unair merupakan bagian strategis karena selama ini telah melakukan bakti luar biasa.

“Tentu kami selalu mengapresiasi setinggi-tingginya. IKA Unair harus hadir untuk bangsa dan negara,” ucap Prof Nasih.@LI-13