LENSAINDONESIA.COM: Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana memuji kepiawaian Kapolres Tuban, Jawa Timur, AKBP Darman, menerapkan pelayanan sebaik-baiknya terhadap setiap tamu. Termasuk, masyarakat yang datang di Mapolres. Sehingga, menebar kesan positip sangat mendalam.

“Setiap tamu harus dihormati. Apalagi, tamu itu umumnya mendatangkan ‘rezeki’. Sehingga, perlu dilayani dengan sebaik-baiknya. Agar menimbulkan kesan positif yang sangat mendalam,” kata Dr Aqua, menyimpulkan prinsip komunikasi Kapolres Tuban itu.

Pakar komunikasi ini membuktikan,  kepiawaian itu diujudkan Kapolres dalam kebijakan menugaskan lima anggota terbaiknya melakukan komunkasi sebaik-baiknya yang merupakan bagian dari kualitas layanan.

“Pak Aqua nanti wakil saya, Pak Priyanto akan kontak Bapak. Beliau mau koordinasi terkait pelaksanaan acara Sharing Komunikasi dan Motivasi besok (Senin,13/9/2021-red),” kata Dr Aqua menirukan Kapolres menyapanya, sehari sebelum agenda kegiatan disepakati.

Hanya hitungan menit, ternyata Priyanto langsung kontak Dr Aqua. Priyanto pun membicarakan detail acaranya, termasuk topik. Komunikasinya intens sekali. Juga mendiskusikan kalimat di spanduk kegiatan.

“Siap Pak Aqua. Semua pesan dan permintaan Bapak, Insya Allah, saya laksanakan,” kata Priyanto, ramah sebagaimana ditirukan Dr Aqua.

Selanjutnya, AKBP Darman yang mantan Wakapolres Pasuruan Kota itu menyampaikan beberapa informasi penting terkait para personil Polres Tuban. Maksud dia, sebagai bahan Dr Aqua untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi

Selang dua jam kemudian, Kasat Lantas Polres Tuban AKP Arum Inambala pun menghubungi Dr Aqua. Dia menginfokan bahwa anggotanya, Briptu Fajar Dwi Novianto yang akan menjemput di Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo. Ikut menemani, Bripka Ahmad Fillani dan Bripka Miftahudin.

“Selamat malam, Bapak. Saya AKP Arum Inambala, Kasat Lantas Polres Tuban. Mohon izin melaporkan. Besok, kendaraan untuk penjemputan di Bandara Juanda sudah siap Bapak. Untuk sopir, menunggu di sana pukul 05.00 pagi,” ucap Arum ditirukan Dr. Aqua

Dr Aqua mengaku sangat mengapresiasi semua program kerja Kapolres Tuban, Jatim, AKBP Darman. Ia pun yakin seluruh anggota Polres Tuban dapat bersama-sama melaksanakannya, dan hasilnya optimal. Semua itu disampaikan Dr Aqua menjelang melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Gedung Serbaguna Mapolres itu di Jalan Dokter Wahidin SH, Sidorejo,  Kabupaten Tuban, Senin pagi (13/9/2021).

Acaranya bertajuk “Dengan Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Seluruh Personil Polres Tuban Mampu Mewujudkan Kinerja Terbaik Selama Pandemi Covid-19.”

Paling mengesankan pakar komunikasi ini, ia menyebut Kapolres mampu mebuat keputusan cepat hingga terkesan mendadak. Ini berlangsung saat Darman dan Dr Aqua berkomunikasi.

Awalnya, Minggu siang, 12 September 2021, Dr Aqua mengontak Kapolres. Ia menyampaikan rencana ke Tuban esoknya, Senin itu untuk silaturahim dengan Kapolres dan keluarga. Maklum, keduanya sahabat lama. Karena kesibukan masing-masing membuat mereka jarang ketemu.

Kapolres itu pun mempersilakan dengan senang sang mantan wartawan Jawa Pos itu. Karena bersahabat, Dr Aqua ingin berbuat sesuatu untuk Kapolres ini.

“Saya insya’ Allah siap melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Polres Tuban dengan jajaran Mas Darman. Cuma, tolong saya jangan diberi uang dan yang lain-lain. Niat saya sepenuhnya ibadah, saat silaturahim ke Mas Darman sekeluarga,” katar Dr Aqua.

Niat baik pria yang pernah lama tinggal di Malang, itu langsung disambut Kapolres yang di mata pakar komunikasi ini amat rajin beribadah. Praktis, jadwal sang motivator ini untuk Jawa Timur dalam sebulan ini tambah berderet.

Dua pekan sebelumnya, dia memotivasi jajaran Pomdam V/Brawijaya piminan Kolonel Cpm Moh Sawi dan Rumah Sakit Ibu dan Anak Hikmah Sawi Bangkalan, Madura.

Dr Aqua mengaku sangat senang bias bertemu para peserta programnya di Jawa Timur yang beragam. Penulis buku “super best seller” berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses menjalin Komunikasi” ini pun memanfaatkan secara optimal.

“Saya meniatkan sepenuhnya (sharing ini) ibadah. Sekaligus, ingin banyak belajar pada Kapolres Tuban sekeluarga dan seluruh peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi dan teman-teman wartawan,” kata Dr Aqua, merendah.

Untuk membut surprise kegiatan motivasi terhadap personel dan perwira jajaran Polres Tuban ini, Dr Aqua memberikan hadiah kepada Kabag Ops Polres Tuban, Kompol Budi Santoso.  Seperti hadia yang pernah dibagikan di acara-acara sebelumnya  di Jawa Timur sebulan ini,  perwira ini dianjurkan Dr Aqua berlibur gratis ke Bali.  Pasalnya, dia berprestas menjadi Kabag Ops terbaik se-Polda Jatim tahun 2020. @adwi