LENSAINDONESIA.COM: Menjelang pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) VI untuk memilih Ketua Demokrat Jawa Timur periode 2021-2026 dalam waktu dekat ini masih diramaikan dengan wacana persaingan ketat antara Emil Elestianto Dardak dan Bayu Airlangga.

Dukungan kepada kandidat juga sudah terang-terangan disuarakan sejumlah Ketua DPC Partai Demokrat di kabupaten/kota sebagai pemilik suara di Musda.

Dukungan untuk Bayu Airlangga kembali mencuat. Terbaru, muncul dukungan dari 4 DPC di wilayah Madura. Yaitu Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bangkalan Abdurrachman, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sampang Abdus Salam, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pamekasan Hermanto dan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumenep Suhaimi.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bangkalan Abdurrachman mengatakan, soliditas Partai Demokrat di Jatim menjadi alasan utama sebelum menentukan pemimpin Partai Demokrat Jatim berikutnya. Itulah yang kemudian membuat DPC Partai Demokrat Bangkalan sepakat untuk mendukung dan siap memenangkan Bayu Airlangga sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim di Musda nanti.

“Kader Demokrat di Bangkalan sepakat mendukung Mas Bayu dan kami sudah komunikasi dengan DPC se-Madura Raya. Pilihannya sama ke Mas Bayu,” tegas Abdurrachman, Senin (13/09/2021).

Mengengai kapan pelaksanaan Musda, Abdurrachman mengaku belum tahu dan akan mengikuti arahan dan petunjuk jadwal yang ditetapkan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Kapan saja kami siap, kami mengikuti arahan dari Ketum dan DPP. Tapi yang pasti dukungan kami kepada Mas Bayu sudah solid dan tidak akan berubah,” terangnya.

Senada, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sampang Abdus Salam meyakini sosok Bayu Airlangga paling pas memimpin Partai Demokrat. Karena masih muda, berpengalaman dan punya komitmen tinggi untuk membesarkan partai. “Cara komunikasi yang cukup baik dengan kader-kader di bawah merupakan modal penting bagi Partai Demokrat untuk semakin dicintai Rakyat, Nah itu semua ada di sosok Mas Bayu,” cetus dia.

Hal tersebut juga dibenarkan Hermanto Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pamekasan. Bahwa seluruh DPC di Madura raya bersikap sama dengan 28 DPC Partai Demokrat kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur. Sehingga total ada 32 DPC Partai Demokrat di Jatim yang solid mendukung Bayu Airlangga yang juga mantu Soekarwo (Pakde Karwo) sampai terpilih menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Jatim.

“Kami yakin alasan seluruh DPC yang mendukung sama, karena Mas Bayu rajin turun dan bisa menyatu dengan kader-kader di bawah. Figur seperti inilah yang kita butuhkan untuk kebesaran Partai Demokrat sekarang dan nanti,” tegas dia.

Ditambahkan, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumenep Suhaimi mengatakan salut atas kekompakan kader-kader di Daerah terhadap Partai Demokrat. Sehingga banyak teman-teman DPC yang mendukung Bayu Airlangga untuk menjadi ketua.

“Mas Bayu selama ini memang sangat perhatian dan sering turun ke DPC sejak menjadi pengurus Demokrat Jatim Tahun 2017 lalu, sehingga wajar kalau teman-teman DPC menginginkan Mas Bayu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kepengurusan DPD Partai Demokrat Jawa Timur periode 2016-2021 selesai bulan Juni 2021 lalu. Dalam periode lima tahun sebelumnya, Partai Demokrat Jatim tiga kali berganti Pemimpin. Mulai dari Soekarwo (Gubernur Jatim) yang mundur tahun 2019 karena menjadi Komisaris BUMN, lalu digantikan Renville Antonio. Lalu ketika Renville Antonio resmi menjadi Bendahara Umum DPP Partai Demokrat (Awal 2020), posisi Plt Ketua PD Jatim diisi Emil Dardak (Wagub Jatim) bersama Bayu Airlangga sebagai Plt Sekretaris.@sarifa