LENSAINDONESIA.COM: Harijono (65) Ketua RW 06 Kedondong Kidul, Kelurahan/Kecamatan Tegalsari Surabaya akan melaporkan ke polisi konten YouTube yang diunggah unggahan oleh akun Majalah Fakta.

Harijono merasa terfitnah oleh konten video dengan judul “Diduga Pungli || Warga Ngluruk Kantor RW 06, Tegalsari, Surabaya” yang diunggah Majalah Fakta pada 10 Sepetember 2021 tersebut.

“Pengambilan gambar dan unggahan video di youtube itu tanpa ijin saya, dan saya terkesan difitnah bahkan saya tidak diberikan ruang untuk klarifikasi oleh si pengunggah video tersebut,” katanya, Rabu (15/09/2021).

Dalam klarifikasinya, Harijono mengatakan bahwa mengenai dana sumbangan warga yang dimaksud tersebut, sudah dijalankan sesuai dengan aturan sebelum dirinya menjabat sebagai ketua RW.

“Iuran warga itu kita meneruskan kebijakan aturan kantor RW sebelumnya, dan sampai sekarang soal aturan sumbangan warga itu tidak pernah dicabut atau direvisi oleh seluruh ketua RT berdasarakan musyawarah,” jelasnya.

Menyikapi kasus ini, Pemerhati Hukum Media Ahmad Efendi menjelaskan, setiap masyarakat dapat mengunggah informasi apapun melalui media sosial salah satunya di YouTube. Namun sumber dari informasi tersebut harus jelas dan tidak menghakimi seseorang dalam bentuk fitnah dan menjatuhkan harkat dan martabat orang lain.

“Kalau sumbernya dari website resmi kantor berita dengan memenuhi Undang-Undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999, itu artinya produk jurnalis yang di upload atau share. Tapi kalau tiba tiba di-upload di youtube, itu bukan produk karya jurnalistik. Karena youtube sifatnya media sosial,” jelasnya.

Mantan produser tv swasta ini menambahkan, masyarakat yang dirugikan atas infomasi baik secara tertulis, gambar maupun audio visual dapat menempuhkan jalur hukum dengan dasar UU ITE pasal 27 ayat 3.

“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik,” katanya.@rofik