LENSAINDONESIA.COM: Bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional 2021, Wali Kota Madiun Maidi meresmikan Monumen Kereta Api, Jumat (17/9/2021). Monumen tersebut berlokasi di jalan Tirta Raya, Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, atau tepatnya berada di kawasan kampus Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun.

Peresmian monumen tersebut ditandai dengan penandatanganan plakat dan pembunyian sirine oleh Wali Kota Madiun Maidi. Kemudian, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol sinergitas antara Pemerintah Kota Madiun, PT. KAI (Kereta Api Indonesia) Daop 7, PPI, dan Dinas Perhubungan.

“Hari ini kita sudah meresmikan momumen kereta api di PPI. Luar biasa, ini adalah kereta api yang sudah tidak digunakan lagi atau yang diremajakan,” ujar Maidi.

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota Madiun tersebut mengungkapkan, Monumen Kereta Api ini adalah awal dari rangkaian tempat wisata yang akan diadakan oleh Pemkot Madiun pasca pandemi Covid-19 nanti. Ia juga memastikan bahwa lokasi Monumen Kereta Api tersebut termasuk dalam daftar rute bus wisata Kota Madiun, yang mengantarkan wisatawan dalam rangkaian City Tour.

“Ini awal. Nantinya disini akan menjadi daerah wisata, karena akan dibangun Pecel Land di atas lahan seluas 18 hektar. Merupakan wisata dunia,” imbuhnya.

Selain meresmikan Monumen Kereta Api tersebut, dalam kesempatan yang sama, Maidi juga meresmikan klinik kesehatan yang ada di PPI.

“Luar biasa, jumlah taruna di PPI ini ada 700-an. Dan di dalam terdapat klinik. Jadi dipastikan setiap taruna yang mengikuti pendidikan sudah di-antigen dan sehat,” pungkas mantan Sekretaris Daerah Kota Madiun itu. @Limad