LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kota Surabaya kembali memberikan penghargaan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Surabaya atas kontribusi menyelamatkan aset milik negara yang berada di Jalan Kenjeran.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan rasa terima kasih yang begitu besar. Berkat kinerja Kejari yang membantu dan mendampingi Pemkot, aset berupa lahan yang sebelumnya sempat dikuasai pihak ketiga dapat dikembalikan kepada Pemkot Surabaya.

“Saya matur nuwun (terima kasih) kepada Pak Kajari dan jajarannya. Karena ini bukan yang pertama, tapi beberapa kalinya. Sehingga aset-aset Pemkot bisa dinikmati kembali oleh masyarakat Surabaya,” ucap Eri dalam penyerahan penghargaan yang digelar di ruang sidang wali kota, Jumat Pagi (17/09/2021).

Aset yang diselamatkan Kejari tersebut berupa tanah dan bangunan seluas 194,82 meter dengan nilai jual Rp3 miliar.

Eri menilai bahwa nilai jual dari aset milik Pemkot itu sendiri bisa melebihi Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Karena menurutnya lokasi tersebut berada di tempat yang strategis dan dekat dengan jalan raya.

“Tapi saya yakin (nilainya, red) lebih, karena harga pasar di Surabaya jauh lebih tinggi daripada harga NJOP,” ujarnya.

Eri mengungkapkan, bahwa aset tersebut akan dimanfaatkan sebagai kantor kelurahan ataupun kantor pelayanan masyarakat. Sehingga kantor pelayanan masyarakat tak lagi berada di perkampungan tapi berada di pinggir jalan. Dengan demikian pelayanan kepada warga dapat lebih optimal karena lebih mudah dijangkau.

“Dengan kembalinya aset itu ke pemerintah kota, maka akan kita manfaatkan untuk kantor, kelurahan, atau pelayanan ke masyarakat. Sehingga pelayanan masyarakat kita ada di tepi jalan, bukan di dalam kampung lagi,” jelasnya.@Budi