LENSAINDONESIA.COM: Kepolisian Resor (Polres) Ponorogo menggelar press release terkait pengungkapan kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi di Jalan Diponegoro, Kelurahan Tambakbayan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Sabtu (18/09/2021).

Dua orang pelaku berinisial HB (Pria – 31th) dan AY (Pria – 27th), asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, berhasil dibekuk oleh tim Resmob, karena telah melakukan tindakan pencurian dengan pemberatan. Modus yang digunakan para pelaku, dengan merusak pintu mobil dan mengambil barang berharga yang ada di atas dashboard mobil milik korban, diperkirakan kerugian korban mencapai Rp 24.900.000 (dua puluh empat juta sembilan ratus ribu rupiah).

Dalam press release, Kapolres Ponorogo AKBP. Catur Cahyo Wibowo SIK., MH., mengungkapkan kronologis kejadian kepada awak media, peristiwa yang terjadi pada hari Jumat (20/08/2021), sekitar pukul 11.00 WIB tersebut, berawal saat korban bersama istri datang ke bank untuk mengambil uang. Kemudian, pasanga suami-istri itu melanjutkan ke sebuah toko untuk membeli sesuatu. Tanpa disadari oleh korban, ternyata kedua tersangka telah melakukan pengintaian, yang dilanjutkan dengan tindakan curat oleh kedua pelaku tersebut, dengan modus merusak pintu mobil dan mengambil uang yang ada di atas dashboard mobil milik korban, lalu kedua pelaku pun melarikan diri.

Atas laporan dari korban tentang terjadinya tindakan kriminal di wilayah hukum Polres Ponorogo, tim Unit Resmob Sat Reskrim segera melakukan serangkaian proses penyelidikan lebih lanjut. Dari hasil penyelidikan, didapati bahwa pelaku AY dan HB tengah berada di salah satu hotel di kota Yogyakarta. Setelah berhasil ditangkap, kedua pelaku beserta barang bukti diamankan di kantor Satreskrim Polres Ponorogo untuk menjalani penyelidikan lebih lanjut.

Terkait kasus ini, Kapolres Ponorogo mengimbau kepada warga masyarakat, untuk selalu waspada dan berhati-hati di manapun berada. Terlebih jika kita akan, atau sedang melakukan transaksi perbankan.

“Pasal yang disangkakan atas tindakan yang dilakukan oleh kedua pelaku adalah Pasal 363 ayat (1) 5e KUHP, Tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan, dengan ancaman penjara paling lama tujuh tahun,” ucap orang nomor satu di jajaran Polres Ponorogo tersebut. @Limad