LENSAINDONESIA.COM: Prestasi gemilang diraih oleh atlet muda Jawa Timur saat turun di nomor Duathlon PON XX Papua. Mereka berhasil meraih 1 emas dan 1 perak. Namun prestasi itu tidak membuat para atlet puas, sebab mereka akan berupaya meraih juara di nomor Trithlon yang digelar di Teluk Youtefa, Kota Jayapura hari ini, Kamis (23/09/2021).

Satu medali emas nomor Duathlon berhasil diraih atlet Jatim melalui Ronald Bintang, sedangkan medali perak direbut Jauhari Johan asal Sumsel dan perunggu Pilon Nubatonis Sedilta (Banten). Lalu 1 medali perak Jatim direbut Chomairoh Bella Agripina.

Ketua Pengprov Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jatim, Arman Van Kempen mengaku bangga dengan prestasi para atlet, sebab mereka sudah berjuang maksimal untuk menggapai prestasi.

Namun ia meminta agar para atlet tidak cepat puas, sebab mereka harus kembali merebut juara di nomor Triathlon.

“Dinomor Triathlon putra kita menurunkan Ronald Bintang dan untuk putri Chomairoh Bella dan Cornelia Sharon Yurianda,” katanya saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Rabu (22/09/2021).

Lebih lanjut Arman mengatakan, pada PON XX Papua sengaja menurunkan atlet muda agar mereka bisa menambah pengalaman berlomba. Sedangkan untuk atlet Jatim lapis pertama dipersiapkan berlaga di SEA Games Games Hanoi Vietnam 2021.

Selain itu ia juga mengaku senang dengan antusias para provinsi mengirimkan atletnya untuk berlaga di PON Papua walau sifatnya eksibisi. “Kami berharap di PON depan Triatlhon dilombakan,” katanya.

Di nomor Aquathlon putri medali emas diraih Zahra Bulan asal Jabar, Aurilie Dhea Meisy (Sultra) meraih perak dan Patrisia Vanya Angela (DI Yogjakarta) perunggu.

Jabar kembali mendulang emas setelah Eva Desiana dari disiplin Duathlon berhasil menjejakkan kakinya di garis finish.

Eva yang merupakan peraih medali perunggu di SEA Games ke-30 di Philipina pada 2019 itu berhasil menyentuh garis finish pertama dengan catatan waktu 1 jam 11 menit 06 detik.

Sedangkan perwakilan Jatim, Chomairoh Bella Angriza yang mencatatkan waktu 1 jam 15 menit 31 detik dan Aztrie Ana Irma Azzahra asal Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan catatan waktu 1 jam 18 menit 47 detik.@Fredy