LENSAINDONESIA.COM: Sebagai sebuah bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam percepatan vaksinasi dan menekan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat, Raja Kasunanan Surakarta SISKS Pakoe Boewono XIII mengadakan Sentra Vaksinasi untuk 15 ribu peserta di Kagungan Dalem Sasana Sumewa Pagelaran, Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Digelarnya kegiatan yang bertajuk “Sehat Wargane, Makmur Rakyate, Lumintu Rejekine” (Sehat Warganya, Makmur Rakyatnya, Lancar Rejekinya) tersebut, terlaksana atas kerja sama antara Kraton Surakarta dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, RST Slamet Riyadi (DKT), Salim Group, serta PMI Kota Surakarta.

Tampak meninjau langsung gelaran vaksinasi hari pertama, Senin (20/09/2021), Prameswari Dalem GKR Pakoe Boewono, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Selain itu, terlihat hadir juga sejumlah kerabat dan abdi dalem Kraton Surakarta, serta masyarakat umum.

GKR Pakoe Boewono mengungkapkan, Sentra Vaksinasi yang sedianya berlangsung mulai 20 September, hingga 6 Oktober 2021 untuk vaksin tahap pertama tersebut, tak hanya diperuntukkan bagi abdi dalem Kraton Surakarta saja. Namun, juga untuk masyarakat di sekitar lingkungan Kraton.

“Bukan hanya untuk sentono dan abdi dalem saja, tapi targetnya juga untuk masyarakat umum,” ujar GKR Pakoe Boewono kepada Lensaindonesia.com. “Terutama mereka yang beraktivitas di kawasan Baluwarti dan sekitarnya,” imbuhnya.

Selain itu, vaksinasi ini tidak hanya untuk pemilik KTP Solo saja. Hal ini disebabkan, banyak sentono dalem, dan abdi dalem yang berasal dari luar daerah Kota Solo.

GKR Pakoe Boewono juga menuturkan, Sentra Vaksinasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian SISKS Pakoe Boewono XIII terhadap kesehatan masyarakat.

“Bukan hanya budaya, namun kesehatan juga menjadi salah satu perhatian Kraton,” tutur GKR Pakoe Boewono. “Vaksinasi ini merupakan wujud kepedulian Sinuhun Pakoe Boewono XIII terhadap para sentono dalem, abdi dalem, dan masyarakat umum,” tambah permaisuri Raja Kraton Surakarta SISKS Pakoe Boewono XIII tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang turut memantau langsung pun memberikan apresiasinya terhadap gelaran Sentra Vaksinasi di Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

“Terimakasih, ada serbuan vaksinasi di kraton Surakarta ini. Harapannya, pariwisata di Solo bisa pulih, dan bisa segera dibuka kembali,” ujar putra sulung Presiden Jokowi itu. “Tentu saja, dengan penerapan prokes yang ketat,” tegasnya. @LI-SoloRaya