LENSAINDONESIA.COM: Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, menyebut, sepak bola layak dijadikan inspirasi. Sehingga, agar DPD (Dewan Perwakilan Daerah) bisa mencapai tujuan dalam upaya melakukan amandemen konstitusi.

Hal itu disampaikan LaNyalla saat Laga Persahabatan sepak bola HUT ke-17 DPD RI, di Lapangan Bola Komplek DPR/MPR/DPD Senayan, Jakarta, Minggu (26/9/2021).

“Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga yang dapat memberi inspirasi kepada kita dalam menjalani tugas-tugas keseharian kita. Karena di dalam sepakbola, terkandung nilai-nilai universal yang dapat kita terapkan di luar lapangan bola. Yaitu, unity, respect, fair play dan team work,” ujarnya.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, dalam team work, setiap individu memiliki peran masing-masing yang sama pentingnya untuk mencapai tujuan. “Dalam sepakbola ada posisi penyerang, pemain tengah, dan pemain bertahan. Dalam sebuah formasi, pemain dalam posisi-posisi tersebut akan memberikan tekanan kepada tim lawan, baik dalam skema menyerang atau bertahan,” papar dia.

Hanya saja, LaNyalla menjelaskan jika permainan sepak bola memiliki prinsip unity, respect dan fair play yang harus dikedepankan.

“Kita bermain sepakbola bukan untuk menciderai siapapun. Termasuk menciderai cita-cita para pendiri bangsa ini. Oleh karena itu, kita di DPD RI harus kompak untuk melihat bahwa agenda Amandemen Konstitusi menjadi momentum untuk melakukan koreksi atas arah perjalanan bangsa ini. Termasuk momentum melakukan penguatan kelembagaan kita,” paparnya.

Mantan Ketua Umum PSSI ini menyebut, penguatan DPD RI tidak bisa ditunda-tunda lagi. Pasalnya, daerah menunggu kiprah konkret para senator di DPD. “Daerah yang kita wakili, ingin kita bekerja lebih efektif dan lebih mampu menyuarakan kepentingan mereka. Tetap sehat. tetap semangat. Dan berusahalah untuk menjebol gawang lawan agar tujuan terwujud,” katanya.

Turnamen sepak bola eksibisi dalam rangka HUT DPD RI Ke-17 dibuka dengan penendangan bola kick off oleh Ketua Panitia HUT Sylviana Murni.

Pertandingan pertama eksibisi mempertemukan tim Senator dengan tim Sekretariat Jenderal DPD RI. Tim Senator antara lain diperkuat Bustami Zainudin, Alirman Sori, Fadhil Rahmi, Alexander Franciscus dan Sekjen DPD RI Rahman Hadi. Pertandingan eksibisi kedua, tim DPD RI melawan tim Gerakan Anti Narkoba Nasional (GANNAS).

Dilanjutkan Trofeo Piala Ketua DPD RI yang diikuti 3 SSB, yakni SSB LaNyalla FC Lampung, SSB Remci FC Banten dan SSB Bina Sentra Jawa Barat. Setelah tendangan bola kick off oleh Ketua DPD RI, SSB Bina Sentra bertemu SSB Remci yang dimenangkan oleh SSB Bina Sentra dengan skor 3-0.

Selanjutnya, SSB Bina Sentra bertemu dengan SSB LaNyalla FC Lampung. Pemenangnya adalah SSB LaNyalla FC Lampung dengan skor 2-0. SSB LaNyalla FC Lampung sebagai juara pertama berhak mendapatkan piala yang diserahkan langsung oleh Ketua DPD RI. Piala juara kedua diserahkan oleh Wakil Ketua III DPD Sutan B Najamudin dan untuk juara ketiga diserahkan oleh perwakilan BNI yang merupakan sponsor acara.@rd