LENSAINDONESIA.COM: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X gandeng PT Garuda Indonesia (Persero) gelar Pelatihan Petani Tebu Milenial di Hotel Insumo waktu lalu.

Sebanyak 30 petani tebu muda binaan dari tiga pabrik gula milik PTPN X, yakni PG Pesantren Baru, PG Ngadiredjo, dan PG Modjopanggoong Kediri hadir sebagai peserta.

“Ada rasa bangga karena pelatihan ini diikuti oleh generasi milenial dan sangat bermanfaat untuk pengembangan knowledge ke depannya,” tutur Sasi Gunawan, Senior Manager Government Relations CSR & PKBL PT Garuda Indonesia (Persero) dalam keterangan tertulis yang diterima Lensaindonesia.com, Senin (27/09/2021).

Dalam pelatihan ini, petani tebu dibekali pengetahuan terkait budidaya tebu dan mekanisasi Tebang Muat Angkut (TMA) guna meningkatkan produktivitas tebu.

Selain itu, mereka juga diajak mengunjungi workshop peralatan mekanisasi dan mengamati proses operasi cane planter di lahan KBD HGU Jengkol Kediri. Penerapan mekanisasi ini bertujuan agar pekerjaan on farm lebih efektif dan efisien.

“Pelatihan ini merupakan salah satu wujud sinergi BUMN antara PTPN X dengan PT Garuda Indonesia (Persero), sebab kami sangat fokus meningkatkan pengetahuan terlait budidaya tebu khususnya kepada petani-petani muda serta berusaha meningkatkan kemitraan dengan petani,” ucap Dimas Eko Prasetyo, SEVP PTPN X.

Sinergi dengan PT Garuda Indonesia (Persero) terlaksana sejak tahun 2020 dengan total dana sinergi BUMN disalurkan senilai Rp 2 Miliar, yang nantinya untuk mendanai budidaya tebu mulai tanam hingga Tebang Muat Angkut (TMA) petani tebu di wilayah kerja PTPN X. Dana Program Kemitraan kerjasama antara PTPN X dan PT Garuda Indonesia (Persero) ini digunakan untuk masa tanam 2020/2021 dan 2021/2022 dengan harapan terwujud kejayaan industri gula nasional.@Rel-Licom