LENSAINDONESIA.COM: Politisi Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus resmi menjabat sebagai wakil ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin yang kini ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keputusan pengangakatan Lodewijk sebagai wakil ketua DPR RI disepakati seluruh peserta Rapat Paripurna ke-6 Masa Sidang I Tahun 2021-2022.

Dalam sidang tersebut, Ketua DPR Puan Maharani awalnya menyampaikan surat pengunduran diri politisi Golkar Azis Syamsuddin sebagai wakil ketua DPR. Pengunduran diri Azis dan pengangkatan Lodewijk juga disampaikan Partai Golkar.

“Kami menanyakan kepada seluruh peserta sidang apakah saudara Lodewijk F Paulus, nomor anggota A281, dapat ditetapkan sebagai wakil ketua DPR, apakah dapat disetujui?” kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/09/2021).

Seluruh anggota DPR dalam rapat paripurna via daring dan luring kompak menjawab setuju. Puan bersama Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, Muhaimin Iskandar, dan Sufmi Dasco Ahmad, kemudian menyaksikan pengambilan sumpah Lodewijk yang dipimpin Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil ketua DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan persatuan, perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Tahun 1945,” ucap Lodewijk.

Setelah pengambilan sumpah, Lodewijk langsung menempati kursi pimpinan DPR dalam ruangan sidang paripurna DPR yang biasa diduduki Azis. Rapat paripurna DPR dilanjutkan dengan agenda pengambilan keputusan tingkat II pembahasan RUU APBN 2022.@LI-13