LENSAINDONESIA.COM: Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group, telah dinobatkan sebagai Visioner pada tahun 2021 Gartner Magic Quadrant untuk Cloud Infrastructure and Platform Services (Magic Quadrant for CIPS). Alibaba Cloud telah bergerak lebih jauh dan berhasil menjadi visioner untuk pertama kalinya.

Menurut Gartner, Cakupan Magic Quadrant untuk CIPS meliputi penawaran Infrastructure as a Service (IaaS) dan Platform as a Service (PaaS) yang terintegrasi.” Kriteria evaluasi mencakup kemampuan vendor untuk mengeksekusi dan kelengkapan visinya. Di bawah kriteria ini, laporan juga menganalisis Produk atau Layanan dari provider, Responsivitas Pasar, Model Bisnis, dan Inovasi, di antara metrik lainnya.

“Para visioner memiliki visi yang ambisius untuk masa depan dan melakukan investasi yang signifikan dalam pengembangan teknologi yang unik,” ujarnya.

“Penobatan sebagai Visioner dalam Magic Quadrant for CIPS tahun ini merupakan pencapaian penting yang membuktikan kekuatan kami,” tambah Jiangwei Jiang, Senior Researcher and General Manager of Infrastructure Products, Alibaba Cloud Intelligence.

“Kami berencana untuk menggunakan momentum ini dan mencari cara baru untuk memperkuat kepemimpinan kami secara regional, memperkuat posisi keuangan dan menggapai visi perusahaan kami. Pencapaian ini merupakan suatu dorongan besar, dan kami berharap dapat lebih meningkatkan kemampuan cloud kami serta terus memenuhi kebutuhan pelanggan kami di seluruh dunia,” papar dia.

Berbekal pengetahuan perusahaan mengenai pasar lokal dan kemampuan untuk menjadi jembatan menuju bisnis digital, Alibaba Cloud berada di posisi yang tepat untuk dipilih menjadi penyedia di pasar cloud yang sedang berkembang. Hal ini diperkuat oleh kemampuan analitik datanya yang kuat, yang membuat proses transformasi digital dapat diakses oleh semua jenis perusahaan.

Di awal tahun 2021, Alibaba Group menduduki peringkat ketiga di pasar Infrastruktur sebagai Layanan (IaaS) global dan peringkat pertama di kawasan Asia Pasifik selama tiga tahun berturut-turut dalam laporan Gartner Market Share: IT Services, Wordwide 2020

Pada ovember 2020, Alibaba Cloud dinobatkan sebagai Leader in 2020 Gartner Magic Quadrant untuk Cloud Database Management Systems.

Gartner tidak mendukung vendor, produk, atau layanan apa pun yang masuk dalam publikasi penelitiannya, dan tidak menyarankan pengguna teknologi untuk memilih hanya vendor dengan peringkat tertinggi atau sebutan lainnya. Publikasi penelitian Gartner terdiri dari opini organisasi penelitian Gartner dan tidak boleh ditafsirkan sebagai pernyataan fakta. Gartner menyangkal semua jaminan, tersurat maupun tersirat, sehubungan dengan penelitian ini, termasuk jaminan apa pun yang dapat diperjualbelikan atau kesesuaian untuk tujuan tertentu.@rd/rel