LENSAINDONESIA.COM: Komandan Distrik Militer (Dandim) 0803/Madiun Letkol Inf. Edwin Charles mengikuti upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI di halaman Makorem 081/Dsj. Upacara yang dilaksanakan secara virtual tersebut, dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/10/2021).

“Sampai hari ini bangsa Indonesia masih dalam bayang-bayang pandemi Covid-19, bila diibaratkan sedang menghadapi perang berlarut yang sangat menguras tenaga, pikiran, dan semangat juang. Tentunya membutuhkan sinergi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengapresiasi peran TNI dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dari membantu mendisiplinkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan, hingga ikut menegakkan aturan di daerah yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya, dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus Covid-9,” ucap mantan Wali Kota Solo tersebut.

Jokowi pun mengungkapkan harapannya, TNI selalu bersikap profesional dan menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

“Dirgahayu TNI. Teruslah menjadi tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat,” tegasnya.

Menanggapi yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Inf. Edwin Charles menegaskan, TNI siap bersinergi dengan semua komponen dan masyarakat untuk negeri.

“Kami beserta semua elemen pemerintahan dan masyarakat akan terus bersinergi untuk membangun bangsa,” tegas Dandim usai mengikuti upacara.

Ia pun mengaku, terkait profesionalisme, anggota Kodim 0803/Madiun siap melaksanakan arahan presiden selaku panglima tertinggi. @Limad