LENSAINDONESIA.COM: Dianggap tak sesuai dengan amanat Undang-Undang Cipta Kerja, Bupati Hendy Siswanto diminta segera membuat rancangan perubahan Peraturan Daerah (Perda) Retribusi IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Hal itu disampaikan oleh Fraksi Gerakan Indonesia Berkarya (GIB) dalam sidang paripurna pembacaan pandangan umum fraksi terhadap nota pengantar Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2021 di Gedung DPRD Jember, Jawa Timur.

“Kami minta agar secepatnya menyampaikan perubahan Perda Retribusi IMB menjadi Perda Persetujuan Bangunan Gedung, sebagaimana amanat Undang-Undang Cipta Kerja, yang telah disampaikan oleh pemerintah pusat,” ujar Dewi Asmawati, juru bicara Fraksi GIB.

Kata Dewi, sejak terbutnya Undang-undang Cipta Kerja, perda tentang retribusi IMB sudah dihapus dan tidak bisa diberlakukan lagi. “Akibatnya, potensi pendapatan miliaran rupiah, yang seharusnya bisa diterima pemerintah kabupaten Jember, tidak bisa dicairkan,” ujarnya.

Dengan demikian, tambahnya, yang harus dilakukan segera oleh Pemkab Jember adalah dengan melakukan perubahan.

“Dengan demikian, pendapatan asli daerah (PAD) yang sudah direncanakan akan bisa direalisasikan. Untuk mewujudkan harapan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Kabupaten Jember,” paparnya.@rd