LENSAINDONESIA.COM: Indonesia Digital Conference (IDC) yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) tahun 2021 bakal merekam sejumlah inovasi dan penguatan ekonomi digital.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut menyampaikan, IDC tahun ini berupaya merekam inovasi tersebut dan disuguhkan untuk khayalak ramai. Ia juga berharap para pembuat kebijakan dan pelaku industri menemukan cara berkolaborasi efektif, saling menguntungkan, dan kian mempermudah kehidupan banyak orang.

“Pandemi ini benar-benar mempercepat penetrasi digital di setiap elemen kehidupan manusia. Semua hal tiba-tiba dilakukan secara nirkontak, dari urusan sosial, pendidikan, hingga urusan transaksi ekonomi,” ujar Wens yang juga Chief Content Officer (CCO) Kapanlagi Youniverse dalam keterangan resminya, Selas (12/10/2021).

Ia menambahkan, akselerasi digital di segala lini kehidupan nampak begitu banyak inovasi teknologi di berbagai bidang.

Sementara itu , Sekretaris Jenderal AMSI Wahyu Dhyatmika mengungkapkan, IDC merupakan ajang tahunan yang digelar sejak 2019.

“IDC menjadi wadah berkumpulnya para pemimpin bisnis, pembuat kebijakan, pelaku usaha, dan para profesional, untuk memotret perkembangan terkini dan masa depan Indonesia dari lensa digital,” tandasnya.

IDC AMSI 2021 bakal digelar November. Ketua Panitia Pelaksana IDC 2021 Machroni Kusuma mengutarakan, sebagai langkah awal di kegiatan ini akan berlangsung Road to IDC tanggal 15 hingga 18 November, berlanjut pada 24 dan 25 November.

Berlangsung di delapan provinsi

Kegiatan Road to IDC selama tiga hari tersebut akan berlangsung di delapan provinsi. Di Sumatera Selatan, Road to IDC bertema “Akselerasi Digital Pariwisata Sumatera Selatan”.

Di Kalimantan Timur: “Digitalisasi UMKM, Solusi Jitu Membangkitkan Ekonomi Kalimantan Timur”.

Di Jawa Barat: Percepatan Ekonomi Desa Melalui Digitalisasi dan Jawa Tengah: Digitalisasi Pariwisata Karimunjawa.

Di Jawa Timur: Digitalisasi, Kunci Akselerasi Jawa Timur Bangkit dan Bali: Akselerasi Digitalisasi UMKM Bali. Kemudian di Sulawesi Selatan: Pemulihan Ekonomi Sulawesi Selatan Melalui Digitalisasi Pariwisata dan Sulawesi Utara: Akselerasi Digital KEK Pariwisata dan Dukungan Perbankan.

“Acara puncak IDC 2021 digelar tanggal 24 dan 25 November,” kata Roni yang juga Founder Beritaindonesia.link.

Menurut Roni, tema utama IDC 2021 tentang “Lompatan Digital: Inovasi dan Akselerasi” diambil sebab Indonesia memasuki era jaringan seluler generasi kelima (5G). Ini menjadi sebuah lompatan besar bagi inovasi digital di Indonesia.

Selain itu, implementasi jaringan 5G juga menjadi momentum percepatan akselerasi transformasi digital.

Era baru ini juga bakal membuka banyak peluang dan berdampak besar terhadap peningkatan produktivitas, penyerapan tenaga kerja, hingga penguatan ekonomi digital di dalam negeri. Oleh sebab itu, momentum tersebut dimanfaatkan semaksimal mungkin, demi sebuah tujuan besar guna memperkuat ekonomi nasional Tanah Air.@Rel-Licom