LENSAINDONESIA.COM: Hari ini Selasa (12/10/2021) Tepat HUT Provinsi Jatim, Cabanag Olahraga (Cabor) Karate berhasil menyumbangkan 2 medali emas buat kontingen PON XX Jatim, setelah 2 karateka Jatim atas nama Bagus Yudha Dwi M dan Ignatius Joshua Kandou berhasil mengalahkan lawan-lawannya di babak final, dan 1 medali perunggu di beregu putra.

Pelaksanaan cabor karate PON XX papua di langsungkan di Venue GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu Jayapura

Bagus Yudha Dwi M peraih medali emas ini bertanding di nomor Kumite putra -76 kg di babak final berhasil mengalahkan karateka Nabeth Tabuni dari Papua, karateka Papua berhak meraih medali perak, sedangkan medali perunggu di rebut Maruli Jefri Lambok Butar Butar (Jawa Barat).

Sedangkan Medali emas ke 2 bagi cabor karate Jatim, di sumbangkan  Ignatius Joshua Kandou yang di babak final berhasil mengalahkan karateka dari Sulawesi Selatan Zesar Idrus Santosa, karateka Sulsel berhak memperoleh medali perak dan medali perunggu di raih karateka asal Riau Muhammad Prawibowo.

”Kami bersyukur atas raihan meraih 2 medali emas di komite putra ini , yang cukup tegang bagi ketika karate Jatim Bagus Yudha Dwi mengalahkan karateka Papua dengan skor tipis 10-9. Saling kejar mengejar nilai di pertandingan. Mental bertanding Bagus patut di ajungi jempol tidak grogi menghadapi karateka tuan rumah yang di dukung penuh supporter. Alhamadulillah, Bagus menang,” ujar Pelatih Kepala cabor karate Suyanto Kasdi, usai pertandingan di Venue GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu Jayapura.

Lebih lanjut Yanto panggilan akrab Suyanto Kasdi menambahkan. Emas ke II Jatim di sumbangkan Ignatius Joshua Kandou tidak banyak mengalami kendala menang dengan skor 9-1 atas karateka, dan medali perunggu di sumbangkan kata beregu putra.

“Besuk Rabu (13/10/2021) kami berharap di 3 kelas yang diikuti karate jatim bisa meraih medali,  yaitu Nurmala 61-putri, Resti kelas -55 kg putri dan Maslikah Surani -50 kg putri,” kami mohon doanya agar ketiga karateka jatim mampu mempersembahkan yang terbaik buat karate PON Jatim dan Kontingen PON XX Jatim,” tambah Yanto.

Sementara Itu Ketua Harian Pengprov Forki Jatim Johanes Koento mengatakan Luar biasa mental bertanding Bagus dan Joshua, terutama Bagus saat melawan tuan rumah.

“Alhamdulillah karate sudah berhasil menyumbang kan 2 Emas 1 perak , kami berharap besok bisa menambah medali lagi , mohon doa nya masyarakat jatim dan khususnya Masyarakat karate Jatim,” imbuh Koento mantan karateka nasional.

Klasemen perolehan medali cabor karate besar PON XX Papua yaitu Sulsel 3 emas 2 perak 1 perunggu, Papua 2 emas 3 perak 3 perunggu, Jatim 2 emas 1 perak 1 perunggu, Jabar 2 emas 2 perunggu dan DKI Jakarta 1 emas 2 perak 2 perunggu. (Humas Forki Jatim). @fredy