LensaIndonesia.com
HEADLINE

Kraton Surakarta gelar vaksinasi untuk masyarakat Ponorogo

GKR Pakoe Boewono (Tengah), bersama Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko (No. 2 dari kanan), serta sejumlah kerabat Kraton Surakarta dan jajaran Pemkab Ponorogo. (Foto: Limad)

LENSAINDONESIA.COM: Sukses menggelar vaksinasi tahap pertama di Solo, Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo mengadakan vaksinasi massal untuk masyarakat Kota Reyog di Gedung Sasana Praja, Kabupaten Ponorogo, Selasa (11/10/2021).

Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, pada gelaran vaksinasi ini disediakan sebanyak 2250 dosis vaksin jenis Sinovac. Kegiatan ini merupakan wujud dukungan Raja Kasunanan Surakarta SISKS Pakoe Boewono XIII terhadap upaya pemerintah untuk mempercepat terbentuknya ‘herd immunity’, dalam hal ini khususnya di tengah masyarakat Ponorogo.

“Sinuhun Pakoe Boewono XIII dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pakoe Boewono berupaya membantu pemerintah dalam hal percepatan vaksinasi. Ini sudah yang kedua kalinya, yang pertama di Kraton Kasunanan Surakarta. Kemudian kami bergerak ke Ponorogo, mengingat antara Kraton Surakarta dan Ponorogo memiliki hubungan sejarah yang kuat,” ujar R. Ay. Febri Hapsari Dipokusumo, mewakili GKR Pakoe Boewono. “Kraton Surakarta memiliki paguyuban abdi dalem yang berada di Ponorogo,” tambahnya.

Istri Pengageng Parentah Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Adipati Dipo Kusumo tersebut juga mengungkapkan, pelaksanaan gelaran vaksinasi ini juga dikarenakan Kraton Surakarta melihat capaian vaksinasi di Ponorogo belum mencapai 50%.

Sementara itu, Bupati Ponorogo H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M. menyampaikan harapannya, dengan adanya kerjasama dan hubungan yang baik antara Pemkab Ponorogo dan Kraton Surakarta ini, dapat memberikan dampak positif yang konkret bagi masyarakat Ponorogo, terutama dengan tercapainya herd immunity.

“Ini adalah kerjasama yang luar biasa, agar kita tidak kehilangan akar budaya karena antara Ponorogo dan Kasunanan Surakarta memiliki akar budaya yang sama. Jadi ini merupakan kerjasama yang konkret dalam hal percepatan vaksinasi agar segera tercapai herd immunity,” ujar Sugiri.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Ponorogo itu juga menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk SISKS Pakoe Boewono XIII, GKR Pakoe Boewono, dan keluarga besar Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, atas kepeduliannya terhadap masyarakat Ponorogo yang diwujudkan dalam bentuk gelaran vaksinasi ini.

“Ribuan terimakasih kami haturkan kepada Sinuhun PB XIII dan GKR PB yang telah mengadakan kegiatan vaksinasi untuk masyarakat Ponorogo ini. Mudah-mudahan ke depannya, pola gotong royong ini bisa menyelesaikan semua masalah,” pungkas Sugiri.

Untuk informasi, vaksinasi massal yang digelar Kasunanan Surakarta di Kabupaten Ponorogo ini, sedianya akan berlangsung 2 hari dan tersebar di titik-titik kelurahan serta kecamatan di Kabupaten Ponorogo.

“Targetnya sehari 2250 dosis vaksin. Di Sasana Praja ini akan berlangsung dua hari, selanjutnya juga tersebar di 40 titik kelurahan dan kecamatan yang ada di Ponorogo. Sasarannya adalah masyarakat umum yang berusia 12 tahun ke atas,” terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Nina Yusi Hariyanti, SKM., M.M.Kes.

“Saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Ponorogo sebesar 39%, dengan adanya vaksinasi dari Keraton Surakarta ini, semoga prosentase capaian vaksinasi di Ponorogo bisa meningkat,” pungkasnya. @Limad

 

Exit mobile version