LENSAINDONESIA.COM: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X targetkan luas tanam 600 Ha dengan produksi daun hijau tembakau 10.687,5 Ton berkualitas NW 29,89% dan rendemen 9,9%.

Angka tersebut mengindikasikan kenaikan target produksi sebesar 16% dibandingkan realisasi tahun 2021. Pada komoditas tembakau ini, PTPN X ditantang dengan permintaan pasar tembakau cukup tinggi. Hal tersebut mendasari PTPN X terus meningkatkan produksi daun hijaunya di tahun ini jika dibandingkan dengan tahun 2021.

Tuhu Bangun, Direktur PTPN X memgatakan, upaya pencapaian target tersebut dicapai dengan inovasi-inovasi melalui on farm hingga pengiriman tembakau kepada buyer. Inovasi di sisi on farm yakni berfokus menekan losess, dimana pemantauan dan evaluasi penerapan SOP di lahan dilakukan kontinyu. Selain itu, PTPN X juga meningkatkan kompetensi karyawan bagian tanaman dengan menggelar pelatihan dan sosialisasi, sehingga budidaya tembakau bisa berjalan sesuai standar dan menghasilkan tembakau berkualitas.

“Inovasi lain di sisi on farm juga dilakukan dengan tidak melakukan petik tembakau dengan kualitas di bawah Painting Wrapper (PW). Hal ini tentunya akan berdampak pada efisiensi biaya proses,” tambah Tuhu Bangun, Direktur PTPN X dalam keterangan resminya, Kamis (20/01/2022).

Tantangan lain yang dihadapi PTPN X yakni terkait kelangkaan ekspedisi yang berpengaruh pada ketepatan waktu pengiriman tembakau kepada buyer. Untik itu, PTPN X terus berkoordinasi secara intensif dengan pihak ekspedisi agar ekspor tembakau berjalan lancar sesuai permintaan buyer.

Tahun 2022 ini, PTPN X fokus memasarkan produk hilirisasi tembakaunya, yakni berupa cerutu. PTPN X memiliki cerutu dengan berbagai merek dagang bersegmentasi pasar masing-masing.

Produk cerutu PTPN X antara lain Cerutu Golden Djawa menyasar pangsa pasar premium dan Cerutu Cadenza dan Argopuros untuk pangsa pasar menengah. Sedangkan untuk penggemar rokok konvensional, PTPN X menawarkan sensasi menghisap cerutu dengan ukuran rokok konvensional melalui produk Cerutu Toba-Q, Dasa Cigar, dan Noesantara.@Rel-Licom

Baca Juga:  Sembilan pabrik gula PTPN X siap giling tahun ini