LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo akan memberikan prioritas terhadap kualitas air bagi warganya. Bahkan, setelah bekerjasama

perusahaan asal Korea Selatan, kini Perumda Delta Tirta Sidoarjo bekerjasama dengan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya.

Dengan adanya kerjasama itu agar dapat dilakukan uji kualitas air secara berkala dan periodik. Bupati Sidoarjo H Ahmad Muhdlor Ali, yang akrab dipanggil Gus Muhdlor mendukung upaya kerjasama tersebut.

“Saya berharap kerjasama itu akan makin meningkatkan kualitas air Perumda Delta Tirta Sidoarjo. Apalagi poin kerjasama itu dilakukan untuk uji kualitas air secara rutin,” jelas Gus Muhdlor di Pendopo Delta Wibawa.

Sementara, Direktur Utama Perumda Delta Sidoarjo, Ir Dwi Hary Soeryadi MMT, membenarkan adanya uji kualitas air secara berkala. “Iya betul, kerjasama dengan BBTKLPP Surabaya ini memang dilakukan untuk uji kualitas air kita secara berkala dan periodik. Agar kualitas air kita bisa terpantau dan terjaga kualitasnya secara rutin,” terang mantan anggota Dewan Energi Nasional (DEN) itu.

Kata Dwi, sapaan akrabnya, obyek uji kualitas air dalam kerjasama itu meliputi beberapa bidang. “Dalam Kerjasama ini, obyek yang diuji meliputi tiga hal, yaitu; air baku, air minum, air limbah atau lumpur. Sedangkan parameter kualitas air meliputi, parameter mikrobiologi, parameter fisika dan parameter kimia,” papar Dwi.

Sedangkan, pengujian kualitas air sesuai PP No.64 tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atau Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementrian Kesehatan. @rd

Baca Juga:  Kulakan di Tulungagung, pengedar uang palsu di Sidoarjo dibekuk di Bungurasih