LENSAINDONESIA.COM: Analog Switch Off (ASO) tahap dua akan dilakukan pada 25 Agustus 2022, menyasar 110 kota dan kabupaten yang akan bermigrasi dari siaran TV analog ke digital.

Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Rosarita Niken Widiastuti menjelaskan, saat ini Kemenkominfo bersama DPR RI tengah menyebarluaskan informasi dan memberikan pemahaman pada masyarakat terkait ASO.

Dalam siaran live di Youtube resmi Kemenkominfo RI, Minggu (12/6/2022) kemarin, siaran TV analog di Lumajang akan dihentikan dan dipindah ke siaran TV digital. Sedangkan, saluran sinyal TV analog akan dimatikan total pemerintah mulai 2 November 2022 nanti.

“Kita tidak perlu ganti TV-nya, karena TV tabung atau layar datar yang belum digital masih bisa digunakan hanya menambahkan alat yang namanya STB (Set Top Box),” katanya saat memberikan sosialisasi tentang ASO di Hall Hotel GM Lumajang.

Menurutnya, menggunakan TV digital akan memberi pengalaman menonton yang lebih menyenangkan, nyaman di mata dan telinga masyarakat. Sebab, siaran TV digital lebih jernih dibanding TV analog.

Niken menambahkan, bagi masyarakat yang masih memiliki TV analog, perangkat televisi tersebut masih bisa dimanfaatkan bila didukung STB berlisensi Kemenkominfo.

Selain itu, 6,7 juta STB gratis akan dibagikan sesuai penerapan penghentian siaran TV analog pada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Untuk migrasi ke tv digital pemerintah memberikan STB gratis bagi rumah tangga miskin berdasarkan data kemensos, sekarang sedang diverifikasi, dalam hal ini penyelenggara mux atau tv-tv besar juga berkomitmen memberikan STB gratis,” pungkasnya.

Dalam penghentian siaran TV analog tahap 2 pada 25 Agustus 2022 nanti tak hanya menyasar Lumajang saja, berikut daftar 10 kota dan kabupaten di Jawa Timur yang tergolong dalam ASO tahap 2:

Baca Juga:  Begini cara dapat STB Tv digital gratis dari pemerintah

Jawa Timur
-Kabupaten Pasuruan
-Kabupaten Sidoarjo
-Kabupaten Mojokerto
-Kabupaten Jombang
-Kabupaten Lamongan
-Kabupaten Gresik
-Kabupaten Bangkalan
-Kota Pasuruan
-Kota Mojokerto
-Kota Surabaya

Sebelumnya, ASO tahap pertama pada 30 April 2022 kemarin, telah menyasar wilayah Jatim yakni Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Pacitan. @andiono/wendy