LENSAINDONESIA.COM: Mojokerto, kota yang diidentikkan dekat dengan sejarah kerajaan Majapahit ini nyatanya menyimpan banyak potensi.

Khususnya di sektor Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) nyatanya mampu menembus di pasar internasional khususnya pasa timur tengah dan Amerika Latin. Kali ini usaha di bidang kerajinan sandal dan sepatu menjadi penopangnya.

Halnya UD Sakha Makmur yang merupakan produsen sandal dan sepatu ini kerap menerima pesanan dari perusahaan sepatu lokal ternama. Salah satunya yakni produsen sepatu Ardiles.

Proses finishing sepatu di UD Sakha Makmur Mojokerto. Don

Herianto, Owner UD Sakha Makmur yang lokasi industri rumahannya di Mojokerto ini kini menjadi partner okeh Ardiles tersebut. Bahkan, dalam sehari mampu memproduksi 500 pasang sepatu. Bahkan, omset yang diraih mencapai miliaran per bulannya.

” Ya awalnya sebelum memulai usaha kerajinan sepatu dan sandal ini saya masih waktu itu masih sekolah sambil kerja. Dari perjalanan itu saya banyak belajar hingga saat ini Alhamdulillah saya punya usaha sendiri,” tuturnya saat dikonfirmasi, Minggu (19/06/2022) lalu.

Ia menambahkan, memulai usaha ini aaya menyodorkan contoh produksi sepatu dan sandal ke pabrik-pabrik, dan akhirnya produk besutan Herianto diterima di beberapa pabrikan sepatu lokal sekitar Mojokerto.

“Untuk kapasitas produksi, di sini rata-rata mencapai 500 pasang sepatu. Untuk saat ini kami melayani pesanan sepatu sekolah model sneaker dari merek Ardiles. Untuk bulan ini kami menerima pesanan 10.400 pasang sepatu, bulan depan ada 14.000 bulan selanjutnya ada 8.000,” ujarnya optimis.

UD. sakha Makmur kini memiliki karyawan lebih dari 200 orang. Don

Terkait bahan baku, lanjutnya, sebagian besar diperoleh dari lokal, sisanya disisipkan bahan dari impor.

” Untuk bahan sol nya kebanyakan kami ambil dari lokal. Sedangkan yang impor, itu biasanya dari sisi body sepatunya,” terangnya.

Untuk omset atau pandapatan per bulannya, Herianto mengaku mampu mencapai angka Rp 1 hingga Rp 2 miliar.

Baca Juga:  Bangkitkan ekonomi pasca pandemi, Petrokimia gelar MMBC 2022

“Ya kalau dirata-rata omset home industri kami ini bisa mencapai Rp 1 sampai Rp 2 miliar per bulannya. Dan insya Allah setelah Covid-19 ini kami optimis akan tumbuh kembali. Kami optimis akan tumbuh mencapai 50 hingga 60 persen bisnis kami ini,” papar Herianto.

Selain Ardiles, UD Sakha Makmur juga menerima order dari sepatu dan sandal bermerek Fladeo, Loggo dan merek lokal lainnya.

Hingga kini, karyawan UD Sakha Makmur ini sudah mencapai 200 orang lebih untuk divisi sandal dan sepatu. Setidaknya, jerih payah ini merupakan langkah pasti menuju pemulihan ekonomi yang dimulai dari segmen lokal di Jawa Timur.@Eld-Licom