LENSAINDONESIA.COM: Kirab obor api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022 melanjutkan perjalanannya menuju Jember, salah satu tuan rumah pelaksana.

Api obor blue fire yang diambil dari Kawah Ijen, Bondowoso itu dilepas Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati dari Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Kamis 23 Juni 2022.

Setelah transit di Pendopo Arya Wiraraja sejak tadi malam, kirab obor api Porprov melewati Kecamatan Sumbersuko, Kecamatan Tempeh, Kecamatan Kunir, Kecamatan Yosowilangun dan berakhir di Jembatan Keting, perbatasan Lumajang-Jember untuk diserahkan ke Panitia Daerah Jember.

Kirab obor ini diikuti sejumlah komunitas yang ada di Lumajang.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengaku takjub dengan semangat masyarakat Lumajang yang semarak memeriahkan penyambutan obor api Porprov Jatim dari perbatasan Lumajang di Kecamatan Ranuyoso hingga ke perbatasan di Kecamatan Yosowilangun.

“Terima kasih saya kepada masyarakat Lumajang yang semangat menjemput, memeriahkan dan mengantar api obor sejak Ranuyoso dan beberapa kecamatan. Terima kasih atas kemeriahan yang luar biasa,” ujar Thoriqul Haq dengan semangat, di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Kamis (23/06/2022).

Bagaimana tidak, pagi tadi, tampak ribuan masyarakat Kota Pisang tumpah ruah di alun-alun menyaksikan pelepasan obor api Porprov. Bahkan tak sedikit yang berfoto bersama maskot Porprov dengan latar belakang api Porprov yang terletak di mini kaldron di depan Pendopo Arya Wiraraja.

Thoriq juga menyampaikan, bahwa perhelatan Porprov dapat menjadi momen titik balik kebangkitan perekonomian.
“Momen ini tidak hanya sekedar pesta olahraga, tapi bagi kami ini juga momen untuk membangkitkan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Karena itu, pemerintahannya menggabungkan olahraga dengan pariwisata yang cukup banyak bertebaran di Lumajang. Apalagi sejumlah venue pertandingan Porprov di Lumajang berada di kawasan wisata.

Baca Juga:  Porprov VII/2022, kesebelasan Surabaya hajar Kabupaten Kediri 5-0

“Konsep sport tourism ini yang saya dan Bunda Indah inginkan ada di sini. Untuk itu, terima kasih kepada Ibu Gubernur, Pemprov Jatim, KONI jatim dan seluruh penyelenggara,” terangnya.

Thoriq lantas mengajak masyarakat setempat maupun luar kota untuk turut mensukseskan ajang ini dengan datang langsung menonton pertandingan sekaligus melihat potensi wisata di Lumajang.

“Ini awal kebangkitan prestasi kami, dan saya ucapkan syukur dan bahagia. Saya mengajak, ayo datang ke Lumajang, banyak tempat wisatanya,” tambahnya.@Fredy