LENSAINDONESIA.COM: HR (Human Resource) merupakan bagian yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pengelolaan sumber daya di perusahaan. HR bertanggung jawab dalam melakukan upaya mengoptimalkan kinerja SDM di perusahaan. Hadirnya HR process management software bisa membantu seorang HRD.

Apa saja yang menjadi basic seorang HR manajemen dan bagaimana peran HR process management software bagi keberlangsungan perusahaan? Membaca penjelasan berikut Anda dapat mengetahuinya, bahkan beserta cara memilih HR process management software yang berkualitas.

HR Process Management Software Itu Apa?

Sebelum membahas tentang HR process management software, penting bagi Anda untuk mengetahui pengertian dasar HR terlebih dahulu. HR yaitu seseorang yang memiliki tanggung jawab di dalam pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan ataupun organisasi.

Tugas seorang HR tidak hanya berkaitan dengan manajemen saja, tetapi lebih luas seperti mengurusi perekrutan pegawai, pengadaan pelatihan, perhitungan gaji beserta tunjangan dan menjamin keselamatan tenaga kerja. Karena urusan di bagian yang banyak kaitannya dengan manajemen menjadi hal utama yang berpengaruh terhadap perusahaan oleh itu ada HR management. HR di bagian ini memiliki fokus tanggung jawab pada pengelolaan tenaga kerja di perusahaan.

Menjadi HR manajemen kemampuan yang harus dimiliki adalah pengadminitrasian, mengetahui program pengembangan yang cocok bagi tenaga kerja, memahami program kesejahteraan pegawai.

Tugas seorang HR yang begitu banyak tentu bisa saja memungkinkan terjadinya kesalahan saat bekerja. Namun, dengan HR process management software, pekerjaan seorang HR menjadi lebih mudah dan akurasinya tinggi.

Apa Fungsi HR Management untuk Perusahaan?

Sudah tahu mengenai definisi HR management dan apa saja kemampuan yang harus dimiliki HR dibagian ini. Berikut fungsi HR management bagi sebuah perusahaan yang perlu Anda tahu.

Memproses Recruitment Calon Tenaga Kerja

Seorang HRM bertanggung jawab dalam melakukan perekrutan tenaga kerja sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Tugas satu ini harus dijalankan dengan baik oleh seorang HR karena mencari tenaga kerja yang tepat akan berdampak pada operasional perusahaan. Pada tugas ini terdapat beberapa tahapan seperti administrasi, wawancara hingga masa training agar benar-benar menjaring tenaga kerja yang kompeten sesuai yang dibutuhkan.

Bertanggung Jawab dalam Manajemen Penilaian Tenaga Kerja

Menjadi HRM juga memiliki fungsi sebagai penanggung jawab terhadap penyusunan penilaian tenaga kerja. Fungsi tersebut berguna untuk meningkatkan produktivitas perusahaan, karena hal ini berkaitan dengan performa pekerjanya. Penilaian ini ditinjau dari beberapa faktor dalam melakukan pekerjaan.

Bertanggung Jawab Terhadap Pelatihan Tenaga Kerja

Dari hasil penilaian apabila dirasa ada hal yang kurang, maka HRM berfungsi untuk membuat pelatihan atau melakukan evaluasi agar penilaiannya sesuai target perusahaan. Namun jika selesai pelatihan dan tidak ada progress yang membaik maka HRM juga bisa mengkoordinasikan dengan pimpinan.

Perencanaan Tenaga Kerja

Tidak hanya berfungsi untuk mengadakan recruitment saja, HRM juga harus membuat perencanaan tenaga kerja. Karena tidak ada yang tahu apakah ada pekerja yang resign sebelum kontraknya habis atau tidak. Dalam kasus ini, tugas HRM yaitu mempersiapkan tenaga kerja yang mampu menggantikan posisi yang ditinggal oleh pegawai sebelumnya. Karena keberlangsungan operasional perusahaan sangat bergantung dengan SDM nya.

Apa Itu HR Process Management Software?

Perkembangan kemajuan teknologi yang begitu cepat juga masuk dalam dunia HR. Saat ini telah banyak jasa yang menawarkan HR software untuk memudahkan pekerjaan HR di perusahaan. Tentu bagi orang yang asing dengan kata ini bertanya-tanya apa itu HR software?

Sistem ataupun program untuk mempermudah tugas HR dengan tujuan meminimalkan kesalahan merupakan definisi dari HR software. Jenis software HR ini banyak sekali macamnya seperti HR Process Management Software, HRIS (Human Resource Information System), HCM software dan lainnya.

Semua software HR ini dirancang meminimalisir kesalahan pengerjaan HR secara manual dan menghasilkan laporan yang akurat. Setiap software HR ini mempunyai fitur dan kegunaannya masing-masing. Intinya pekerjaan HR menjadi lebih efektif dan efisien jika perusahaan menggunakan software.

HR Process Management Software Adalah?

Software satu ini adalah program ataupun sistem yang berfungsi untuk membantu pengelolaan manajemen sumber daya manusia di dalam suatu industri maupun perusahaan. Perusahaan dengan skala besar bisa terbantu dengan menerapkan software HR process management ini.

Software ini bisa meringankan pekerjaan HR dalam membuat mengurusi administrasi SDM, memudahkan dalam mendapatkan informasi, dan pekerjaan lebih efektif dan efisien dengan bantuan software ini karena lebih terorganisir dengan baik.

Mencari HR process management software di era saat ini juga tidak sulit. Anda tinggal mengetikkan kata kuncinya di Google maka dalam hitungan detik akan muncul tampilan jasa penyedia software ini. Tetapi, tentunya Anda harus memastikan dengan baik informasi tersebut sebelum memutuskan memilihnya.

Bagi Anda yang mencari software HR untuk meningkatkan produktivitas perusahaan juga bisa ditemukan di HR process management software.

Manfaat Bagi Perusahaan yang Menerapkan HR Software

Bagi perusahaan Anda yang belum menerapkan HR process management software, maka kini saatnya beralih ke penggunaan software ini karena banyak sekali manfaatnya. Berikut manfaatnya bagi perusahaan.
Mempermudah Pengelolaan Administrasi Pekerja

Bagian administrasi memang bukan menjadi tanggung jawab seorang HR saja. Namun, dengan penggunaan HR software pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi menjadi lebih cepat terselesaikan. Karena dengan HR software data yang terinput di dalamnya seperti nama karyawan, no rekening, alamat dan asuransinya semuanya sudah terintegrasi di sistem cloud dan tentunya datanya aman.

Memudahkan Perhitungan Gaji

HR process management software juga memudahkan HR dalam menentukan gaji bagi setiap tenaga kerjanya lengkap dengan masing-masing divisinya. Di dalam software HR tersebut proses perhitungan gaji menjadi lebih efisien karena terkoneksi dengan absensi, daftar lembur dan tanggungan asuransi.

Mengurangi Risiko Kesalahan Perhitungan

Melakukan perhitungan gaji memang sekilas tampak mudah. Namun, ini adalah tugas HR yang cukup berat, karena gaji setiap masing-masing karyawannya berbeda. Pembagian gaji yang melihat banyak aspek seperti jumlah kedatangan, lembur, cuti, perjalanan dinas, bonus hingga asuransi.

Tentu HR membutuhkan waktu lama untuk melakukan perhitungan dan rekapitulasi. Belum lagi tanggungan HR bukan hanya mengurusi persoalan gaji saja. Dengan HR management process perhitungan gaji bisa selesai dengan cepat dan akurat karena semua data tersebut sudah tersinkronisasi.

Meminimalisir Pengeluaran Biaya

Beralih ke software HR perusahaan juga bisa meminimalisir pengeluaran. Hal tersebut dikarenakan perusahaan tidak memerlukan pembelian alat untuk digunakan dalam manajemen HR. Memakai software HR berbasis cloud, tidak memerlukan maintenance jadinya lebih hemat biaya.

HR software membuat semua data terintegrasi dengan aman di cloud. Beralih ke HR software juga mengurangi pemakaian kertas yang biasanya harus disimpan dan penyimpanannya memakan space cukup banyak. Mengurangi penggunaan kertas selain hemat juga bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Memudahkan Akses Informasi

Penerapan HR process management software juga membuat akses informasi antar pemegang kepentingan menjadi mudah. Informasi yang mudah diakses dengan divisi lainnya juga memudahkan terjadinya korabolasi.
Akses informasi data yang terinput pada database software HR ini juga bisa ditentukan siapa saja yang bisa mengaksesnya. Dengan kemudahan informasi yang bisa dilihat dimana saja dan kapan saja asalkan memiliki konektivitas dengan internet.

Update Terhadap Aturan Pemerintah

Sebagai seorang HR yang mengurusi ketenagakerjaan tentu tugasnya juga berkorelasi dengan undang-undang ketenagakerjaan. Software HR ada yang sudah terintegrasi dengan perkembangan UU tenaga kerja sehingga memudahkan HR dalam menjalankan tugasnya sesuai aturan terbaru.

Mempercepat Proses Perekrutan

HR process management software membuat proses recruitment menjadi lebih mudah dan singkat. Hal ini dikarenakan sistem mempunyai kemampuan dalam menyederhanakan alur perekrutan dan mampu menampilkan kandidat calon pegawai berdasarkan urutan pendaftarannya.

Memudahkan dalam Penilaian Kinerja

Keberadaan software HR yang memiliki sistem terintegrasi dan bisa merekapitulasi secara otomatis memudahkan dalam melakukan penilaian kerja. Karena di sistem tersebut menampilkan perkembangan masing-masing dari tenaga kerja. Jadi, HR lebih mudah melakukan aksi evaluasi apa saat tahu KPI nya.

Fitur-Fitur di HR Process Management Software Apa Saja?

Manfaat HR process management software yang segitu banyaknya tidak terlepas dari peran masing-masing fitur di dalamnya. Berikut beberapa fitur yang ada di HR software yang perlu Anda ketahui.

Database Manajemen

Database manajemen adalah bagian yang berfungsi untuk menyimpan data-data yang berhubungan dengan kepegawaian. Data yang sudah diinput oleh HR itu bisa diupdate kapan saja. Fitur ini juga membuat tugas HR mudah karena tidak perlu melakukan pencatatan berulang secara manual.

Perekrutan dan Penerimaan

Proses perekrutan yang dibuka oleh perusahaan juga bisa dilakukan dengan sistem ini tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Anda tinggal mengakses di bagian karier dan melakukan rekruitmen pegawai sesuai dengan syarat yang diinputkan.

Fitur di HR process management software ini juga bisa menampilkan data kandidat yang masuk lengkap dengan informasinya. Jadi, HR menjadi lebih mudah untuk menentukan calon tenaga kerja yang sesuai dan tidak. Proses wawancara pun juga bisa dilakukan di sistem ini untuk mengukur ke tahap selanjutnya.

Komunikasi Internal

Sistem di HR software juga mempunyai fitur komunikasi internal dari tenaga kerja dan pihak perusahaan. Fitur ini penting ada di software HR untuk bertukar informasi seperti jadwal bekerja, menginfokan pengumuman tanpa memerlukan penyampaian secara personal.

Manajemen Aset Perusahaan

Aset perusahaan adalah bagian penting yang perlu dijaga keberadaannya. Dengan fitur manajemen aset di HR software pengelolaannya menjadi lebih terorganisir sehingga mudah dilakukan pemantauan. Fitur ini juga memudahkan dalam mendokumentasikan aset dengan penyimpanan yang terjamin keamanannya.

Cara Memilih HR Process Management Software

Banyak sekali manfaat dari HR software dalam mendorong produktivitas perusahaan. Memilih HR software yang tepat adalah hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Apalagi jika perusahaan tersebut banyak cabangnya dan jumlah tenaga kerjanya.

Cara memilih HR Software yang tepat adalah cari tahu nama perusahaan yang mendirikannya, legalitas apa yang dimilikinya. Selain itu mengetahui rekam jejak penyedia jasa tersebut juga menjadi hal penting yang harus Anda lakukan.

Rekomendasi HR process management software yang terpercaya bisa Anda peroleh di https://talenta.co. Talenta adalah salah satu produk dari Mekari yang menyediakan HR software berbasis cloud yang aman karena telah mendapatkan sertifikasi ISO.

Klien yang sudah menggunakan HR software ini juga banyak, bahkan lebih dari 3500 lebih perusahaan telah merasakan memakai HR process management software dari Talenta. Bagi Anda yang ingin menelusuri program yang ditawarkan beserta biayanya langsung saja mengunjungi website tersebut.***